oleh

Program Madin “Bengkel Hati” smamuda

SUMBERREJO. Suara lantunan Qur’an dari Musholla sekolah bergema memecah kesunyian pagi itu, seluruh siswa kelas X, XI asyik menikmati alunan ayat demi ayat QS. Al-Waqiah.

Itulah salah satu kegiatan Madin (Madrasah Diniyah) smamuda yang sudah berjalan selama satu tahun ini. dalam kegiatan Madin ini banyak kegiatan yang dilakukan dalam rangka untuk membentuk karakter siswa yang berakhlaqul karimah dan terampil.

Sejalan dengan tantangan jaman serta kemajuan teknologi dan informasi yang pesat saat ini sangat mempengaruhi prilaku dan kebiasaan anak-anak didik. Kecenderungan anak kepada gadget yang sangat tinggi sedikit banyak mengurangi interaksi aktivitas anak dengan lingkungan apalagi pada kegiatan keagamaan yang menjadi pondasi utama karakter anak. Dari hal inilah yang menggugah pandangan dari Bapak Rudi Hartono (wakakur) untuk memberikan kegiatan yang dipandang perlu adanya kegiatan yang mengarahkan pada keimanan dan ketaqwaan anak yang akhir-akhir ini menjadi problem karena sudah mulai luntur dan pudar.

Kegiatan madin lainnya adalah Sholat dhuha yang dilaksanakan mulai pukul 6.50 sampai dengan pukul 8.30. disini siswa dilatih terbiasa sholat dhuha dan bisa membaca wirid atau bacaan kalimah toyyibah yang biasa dibaca selesai sholat kemudian dilanjutkan dengan membaca atau mengaji Al-Quran dan tahfidz

Rangkaian berikutnya adalah kultum yang memfokuskan pada penyampaikan nasehat-nasehat, penguatan keimanan, ketaqwaan dan budi pekerti. target dari program madin smamuda adalah menjadikan siswa yang beriman dan berakhlaqul karimah.

Selain kegiatan penguatan keimanan dan akhlaqul karimah tersebut, dlm program madin ini juga ada kegiatan Muhadloroh/ceramah/pidato yang bertujuan membekali anak anak kepada keterampilan dan kemampuan berkomunikasi dengan audien dan mempunyai kepercayaan diri berbicara di muka umum. (s.to)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed